Senin, 02 Mei 2011

Apa itu Curhat ?

 
Banyak banget orang- orang yang sering banget ngucapin or ngelakuin kegiatan ini, baik itu masalah pribadi maupun hanya hal- hal yang ringan saja…
So,,,apa ya curhat? Berbagai versi mengatakan curhat dengan definisi yang berbeda mulai dari CURahan HATi sampe ada yang mendefinisikan dengan kata- kata yang jorok, misalnya (maaf nich y) Curhat itu Cucurin Hajat, dan banyak lagi versi anak- anak ABG sampe ABG (Angakatan Babe Gue) yang mendefinisikan kata curhat itu, tapi ya sudah lah, itu kan hak asasi, ya ga? 

Apa sih manfaat curhat bagi kita?

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan atau suatu perbuatan tenyu saja ada hal positif dan negatif yang selalu membuntuti. Ini merupakan hal yang alami dan wajar. So apa donk kira- kira keuntunga atau sisi positif yang kita dapat dengan curhat?
Menurut pendapat saya (dalam porsi seorang perempuan berusia 27 tahun), dan sepengalaman saya, banyak banget hal bisa saya rasakan setelah saya curhat.
Kita bisa sharing, brainstorming tentang sesuatu, dan mendapat sebuah wawasan serta cara pandang yang lain, jadi tidak hanya melulu dari sudut pandang kita saja. Misalnya bila kita sedang mengalami suatu masalah yang lumayan rumit dan sudah berasa sesak di hati, dan misalnya saya menganggap bahwa masalah ini paling berat dan tidak ada jalan keluarnya, maka salah satu obat mujarab yaitu dengan curhat or bercerita tentang masalah kita pada salah seorang teman.
Setelah saya menceritakan masalah saya dan meminta pendapat atau saran dari teman tersebut, saya merasa lebih ringan, tidak terlalu sumpek seperti sebelum saya curhat pada teman, walaupun misalnya teman kita tersebut belum bisa memberi solusi apapun, tapi setidaknya beban pikiran kita sudah jauh berkurang. Lebih- lebih bila teman tersebut dapat memberikan kita satu input positif, baik itu saran atau hanya sekedar pernyataan dukungan semangat pada kita. Hal itu akan terasa berarti banget buat kita yang sedang mengalami suatu ,masalah.
Dan tentu saja satu hal penting lagi yang harus dilakukan sebelum kita memutuskan untuk curhat terhadapa salah seorang teman kita. Kita harus pandai- pandai memilih teman curhat, harus dilihat apakah teman kita dapat dipercaya untuk menjaga rahasia kita atau malah sebaliknya.
Kadang ini yang membahayakan dari curhat atau dapat kita masukan kedalam sisi negatif dari curhat, yaitu maksud hati kita ingin mencari suatu solusi dari masalah yang kita alami dengan minta pendapat dari teman kita lewat curhat, yang didapat malah “promosi gratis” dari partner curhat tersebut. Yang alhasil satu komplek tahu apa yang sedang kita alami.
So, sebelum memutuskan untuk curhat, kenali dulu deh teman yang akan kita ajak jadi teman curhat, karena percaya deh dengan curhat yang sehat, cara pandang kita tentang sesuatu akan bertambah, lebih bijaksana lagi dalam menghadapi masalah, dan menyelesaikan masalah, karena kita tau bagaimana mendengarkan, memahami dan belajar menghargai saran, pendapat dan nasehat orang lain pada kita. _Whienx 2008_

1 komentar: